Ramadhan Penuh Berkah, Beberapa Bantuan Sosial (BANSOS) Cair Lagi Bulan Ini

Posted on

Menyikapi kenaikan harga bahan pokok dan komoditas global akhir-akhir ini, pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Sosial (BANSOS) berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU), dengan harapan akan meringankan beban warga masyarakat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam siaran pers nya hari Selasa (5/4) menjelaskan bahwa bantuan tersebut antara lain Kartu Sembako senilai Rp 300 ribu per 3 bulan, yang diberikan di bulan Ramadhan ini.

Baca Juga :

Selain itu, meyikapi kenaikan harga minyak goreng yang menyebabkan kelangkaan di pasaran, pemerintah akan segera memberikan bantuan sosial minyak goreng kepada masyarakt terdampak juga kepada pedagang kaki lima sebesar Rp100..000 perbulan yang pembagiannya akan diberikan sekaligus untuk 3 bulan yaitu sebesar Rp.300.000 per penerima manfaat.

Bantuan sosial lainnya yang di berikan yaitu Bantuan Subsidi Upah yang akan di salurkan kepada 8,8 juta tenaga kerja yang mempunyai gaji kurang dari Rp 3,5 juta. Menteri Airlangga juga menambahkan akan dicairkan Bantuan Langsung Tunai kepada Usaha Kecil Menengah dengan bantuan sebesar Rp 600 ribu untuk 12 juta pelaku usaha kecil.

Bantuan sosial PKH tahap 2 juga dicairkan kembali bulan ini dimana penerima nya ditentukan berdasarkan daftar penerima bulan sebelumnya ditambah data tambahan dari ajuan pendaftaran baru melalui aplikasi cek bansos 2022 dimana wara masyarakat yang sebelumnya belum terdaftar masih bisa mengajukan diri melalui aplikasi atau bisa juga mendaftar melalui web resmi kemensos.

Berikut daftar penerima bansos PKH tahap 2 yang cair April 2022:

  • Ibu hamil dan balita, masing-masing Rp 3 juta per tahun.
  • Lansia dan penyandang difabilitas masing-masing Rp 2,4 juta per tahun.
  • Anak SD/sederajat: Rp. 900 ribu per tahun.
  • Anak SMP/sederajat: Rp. 1,5 juta per tahun.
  • Anak SMA/sederajat: Rp. 2 juta per tahun

Bansos lainnya yang cair april ini adalah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang  diberikan kepada warga miskin yang terdampak bencana serta tidak menerima bantuan lain dari pemerintah, yang anggarannya berasal dari dana desa.

Masyarakat bisa cek daftar penerima BLT desa Rp 300 ribu per bulan melalui link sid.kemendesa.go.id dengan memasukkan data sesuai KTP.

Bagi anda yang masih belum menerima salah satu dari daftar bansos di atas bisa mendaftarkan diri dengan cara yang di jelaskan pada artikel berikutnya dengan mengklik tombol dibawah:

Daftar BANSOS Disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.